Minggu, 10 Maret 2013

Pembagian Jaringan Internet

1. Jaringan komputer berdasarkan ruang lingkup
Jaringan komputer berdasarkan ruang lingkup jangkauannya dapat dapat dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya :
A.     Personal Area Network
Personal area Network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer dengan komputer  atau perangkat lainnya seperti PDA atau handphone. Jangkauan PAN biasanya hanya beberapa meter saja. Media transmisi antar perangkat PAN yg biasa digunakan adalah kabel data (kelengkapan PDA/handphone), infrared (IrDa), atau bluetooth. Jaringan ini juga memungkinkan untuk koneksi ke jaringan yg lebih luas seperti Internet dengan bantuan modem dan jaringan telepon.
B.     Local Area Network
Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil tidak lebih dari dua kilo meter. Local Area Network biasanya dihungkan menggunakan media kabel seperti kabel UTP ataupun Fiber Optic. Selain itu Local Area Network dapat juga dihubungkan dengan media nirkabel yakni Wi-fi yang biasa dikenal dengan wireless Local Area Network (WLAN). Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat Switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN.

C.     Metropolitan Area Network
Metropolitan Area Network adalah suatu jaringan dalam suatu kota atau wilayah dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km. MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
D.     Wide Area Network
Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar dan jarak sangat jauh sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, antar pulau atau bahkan antar negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan Router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
 2.    Jaringan Komputer Berdasarkan Cara Koneksinya
Jaringan komputer berdasarkan cara koneksinya dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya:
             A. Jaringan Client-Server
Jaringan Client-Server adalah jaringan komputer yang menghubungkan antara komputer server dengan komputer client secara langsung. Atau dengan kata lain komputer client tersebut langsung terhubung/terkoneksi dengan server tanpa ada proses Routing.
            B. Jaringan Peer to Peer
Jaringan peer to peer adalah jaringan yang menghubungkan perangkat sejenis seperti komputer ke komputer secara langsung tanpa ada media lain seperti Router, Switch, hub ataupun yang lainnya. Transmisi jaringan ini biasanya menggunakan kabel UTP crossover atau menggunakan wireless. Contohnya jaringan Ad Hoc yang dikoneksikan dengan wireless.

  3.  Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisinya
Jaringan komputer berdasarkan media transmisi koneksinya dapat dibedakan menjadi dua yakni sebagai berukut :
           A.   Jaringan Kabel
Jaringan kabel merupakan jaringan yang koneksi dan transmisi datanya menggunakan media kabel yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya  seperti kabel coaxial, UTP, fiber optic dll.
           B.   Jaringan Nir-Kabel
Jaringan nir-kabel merupakan jaringan yang koneksinya menggunakan gelombang elektro magnetik  atau wireless seperti contohnya wi-fi, bluetooth, infrared dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar